07 Desember 2008

TENTANG JILBAB

Assalaamu'alaikum gus...Langsung mawon, saya punya teman perempuan yang sedang dalam persimpangan antara memakai jilbab dengan segera atau menunda memakainya. Mengingat lingkungan dan keinginan-keinginannya menyebabkan dia menjadi terombang-ambing untuk segera mengenakan jilbab.Nah, kula nyuwun pirsa bagaimana menjelaskan kepadanya tentang kewajiban memakai jilbab tersebut? dan saya berharap bisa menyampaikan kepadanya dengan bahasa yang "enak" (dengan bahasa perempuan) sehingga nantinya tidak malah memadamkan ghirah keislamannya.Matur nuwun sanget, sungkem kawulolWassalaamu'alaikum.
Penanya : Asyrof Syarifuddin (Asyrof)
Jawab:
Wa'alaikumussalam WaramatuLlahi WabarakatuhMenutup aurat adalah wajib. Dan pakaian yang paling menutup aurat wanita, sampai saat ini memang pakaian yang disebut jilbab itu. Soal menutup aurat pada wanita memang ada khilaf, perbedaan pendapat di kalangan ulama. Dan kebanyakan ulama berpendapat bahwa aurat wanita itu seluruh badan kecuali wajah dan kedua telapak tangan. (Perbedaan pendapat ulama dalam hal ini bermula dari perbedaan penafsiran terhadap ayat QS 24, An-Nur:31. Lebih lanjut baca misalnya, "Kitab Al-Fiqh 'alaa Al-Madzaahib Al-Arba'ah" jilid I hal. 101 - 192 atau :Bidayah Al-Mujtahid" jilid I hal. 114 - 115)Umumnya wanita kita, termasuk yang muslimah, memang masih sulit atau berat memakai pakaian yang menutup aurat seperti jilbab itu. Sebab sudah terlalu lama terbiasa dengan "mode" pakaian ala "Barat". Maklumlah tiga setengah abad kita diajajah Barat dan setelah merdeka kita pun lebih banyak berguru ke Barat. Apa yang dianggap baik oleh Barat, tentunya baik bagi orang kita yang sadar atau tidak sadar sudah terlanjur terpesona dengan kehebatan Barat.Di lain pihak, karena Nabi Muhammad saw berasal dari Arab dan Al Qur'an berbahasa Arab, maka banyak di antara kita yang tidak bisa membedakan antara Islam dan Arab. Lalu, jilbab pun tidak dilihat sebagai pakaian yang menutup aurat, tapi dianggap sebagai pakaian orang Arab.
Anda yang lebih mengetahui lingkungan teman perempuan Anda. Pastinya anda yang lebih tahu menyampaikannya dengan bahasa yang bisa diterima teman perempuan Anda.
Wassalamu'alaikum WarahmatuLlahi Wabarakatuh

Tidak ada komentar: