05 Mei 2009

NU Jateng Netral Pilpres

Semarang, LTNNU Online
Nahdlatul Ulama (NU) Wilayah Jawa Tengah (Jateng) menyatakan netralitasnya pada pemilihan presiden (Pilpres) 2009, Juli mendatang. NU Jateng memutuskan tidak mendukung capres-cawapres manapun, dan memilih menekankan warganya agar menggunakan hak pilih dengan semestinya.

Pernyataan ini disampaikan oleh Muhammad Adnan, Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jateng, di Semarang, Ahad (3/5). Menurut Adnan, mengatakan hingga kemarin NU Jateng tidak pernah membicarakan soal nama-nama tokoh NU yang akan diusung dalam pilpres, sehingga NU Jelas akan netral.

Adnan menyatakan, struktural NU di tingkat pusat (PBNU) maupun aspirasi dari kader di tingkat bawah juga tidak menyinggung soal keterlibatan NU dalam pilpres. Menurutnya, NU tidak akan menggelar agenda pertemuan terkait momentum Pilpres.

"Belum ada pembicaraan tentang itu. Sepertinya memang tidak ada figur NU yang maju. Adalah hak masing-masing warga NU menentukan pilihan. Lagi pula, sekarang ini kan belum jelas siapa capres-cawapres yang maju," ujar mantan calon wakil gubernur Jateng ini.

Lebih lanjut, Adnan menyatakan, meski tidak ada figur NU yang maju, namun PWNU tetap akan mendorong warga NU di Jateng agar menggunakan hak pilih dengan sebaik-baiknya. (nuo/min/lih)

Tidak ada komentar: